ANDROID BLOCK PROGRAMING dari SEAMOLEC


Hasil dari ikut VCT Batch-3 ada link undangan pelatihan Android Blok Programing, yang pada prinsipnya  pelatihan cara membuat Aplikasi Android (APK) tanpa harus mahir bahasa pemrograman java / html. Karena merasa penasaran, saya ikut mendaftar menjadi peserta pelatihan dan alhamdulillah diterima menjadi peserta pelatihan.
Skema pelatihan adalah Belajar mandiri cara membuat aplikasi android dengan software AppInventor. Sebelum belajar mandiri dimulai, tentunya dibekali dulu selintas pengetahuan tentang apa itu AppInventor, bagaimana cara instalasi di PC/Laptop, bagaimana cara menggunakan dan sekaligus meng kompilasi program yang kita buat, menjadi sebuah file aplikasi berbasis android. (APK). Kebetulan saya tergabung di Grup WBA 10 kelompok 1 dengan Instruktur Bapa Christ Eko dengan Host Bapak Miskul Musshowir.
Masya Allah.....sungguh beruntung rasanya bisa ikut pelatihan ini, ilmu bertambah teman bertambah dan ke-“gaptek”-an saya semakin berkurang. Dalam pelatihan ini kami diajarkan bagaimana caranya memasukkan Teks, Gambar, Suara, Video (yang dalam pelatihan disebut asset) kedalam program agar dapat di kompile dan dijadikan file aplikasi berbasis android. Memang pelatihan ini merupakan tingkat dasar, jadi jangan berharap hasil dari pelatihan ini kita bisa membuat  game game Android seperti PUBG atau COC atau Mobile legend. Selain itu menurut Instruktur AppInventor mempunyai keterbatasan jika dibanding dengan Aplikasi lain yang berbasis teks seperti Android Studio. Membuat Aplikasi Android dengan AppInventor bagaikan kita bermain puzle. Sedikit faham alur pemrograman (Algoritma) sudah bisa langsung bikin APK sederhana.
Walaupun saya tidak lulus pelatihan ini (karena dianggap tidak mengumpulkan tugas akhir), namun saya tetap bersyukur telah diberi kesempatan mendapatkan teman dan ilmu yang sangat bermanfaat. Alhamdulillah berkat imu dan bantuan teman teman waktu pelatihan saya bisa sedikit membuat Aplikasi Android yang sangat sederhana seperti...
·         Absensi Online berbasis Android
·         Exambrowser sederhana yaitu interface masuk ke ujian Online (intranet) lewat Android
·         Aplikasi Baju Seragam yang harus dipakai siswa
·         Pemilihan Ketua OSIS secara online
·         Pemilihan Ketua MKKS berbasis Android (under construction...he he he)
Ini bukan pembelaan....sebenarnya saya sudah mengerjakan tugas akhir dan mengisi form pendaftarannya. Namun  sepertinya pada saat pengiriman tugas, jaringan saya terkendala sehingga system gagal mengirimkan tugas , sementara saya sudah merasa mengirimkan. Saya gak begitu perhatian dengan lulus atau tidaknya....dan atau bahkan mungki n dalam hal ini saya belum layak.
Mau nyoba aplikasi android saya yang pertama dan sangat sederhana? Silahkan download di http://bit.ly/P4_APK
Berikut ini beberapa tampilan APK tentang Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila yang saya buat

Semoga bermanfaat

Komentar